Kamis, 15 Desember 2011

phobia

sekarang saya pengen ngomongin phobia.
setiap orang punya phobia. ketakutan luar biasa atas sesuatu. bahasa lebe ne gitu.
tapi kadang phobia itu nonsense. maksud e mbikin orang berdecak-decak dan berkata "kok iso sih?"
ya memang begitulah phobia.


saya punya beberapa teman yang sangat gilo kepada cicak.
binatang yang nemplek itu. saya juga bingung kok iso wedi karo cicak ki opone sek nganu sih. kayaknya cicak ki well well saja. cuma nemplek. jalan-jalan di tembok selayaknya spidermen. biasa saja. saya sendiri punya peliharaan cicak.
seriusan iki. namanya cicak negro. tubuhnya hitam. itu cicak tinggal dibelakang meja saya. jadi kalo saya lagi nulis-nulis apa ngenet dia biasanya muncul. merayap-rayap. nemenin begadang sampai malam. kadang-kadang dia juga masuk ke makanan yang lupa saya tutup jadi harus dibuang. njuk dimarahin ibu saya.
oke kembali, cicak.


waktu smp saya punya teman yang phobia cicak. sebut saja dia lela. atau memang nama aslinya itu. waktu ulang tahun si lela ini dikado cicak. njuk dia njerit njerit ra ketulungan muter-muter kelas.


waktu sma saya juga punya teman yang seperti itu. sebut saja rosa dan rani. atau memang nama aslinya itu.
si rani ini kalo liat cicak juga sering njerit-njerit kayak orang kesurupan. "mamaaaa mamaaaa" biasanya gitu. waktu ke rumah rani ada boneka cicak, hadiah ulang taunnya. dan bonekanya itu masih di simpen dibungkusnya cobo -___-
nah kalo yang rosa, iki bocah ki nakal e ra ketulungan. jail e udah tingkat dewanya dewanya dewa. tapi nek dikasih cicak dia sudah kelepek-kelepek. pernah waktu main ke rumah teman saya yang lain, sebut saja dicha, atau memang nama aslinya itu (karepmulah pet). di rumah dicha ada cicak cicakan dari semacam karet yang bisa nemplek. jadinya diuncal ditembok gitu njuk mak tlepook. terus waktu digodain pake itu. si rosa itu nangis ngesot-ngesot. mbok tenan ngesot. NGESOT! dan nangis.


ada juga teman saya yang lain namanya hani. atau memang nama... (oke oke)
si hani ini phobia dengan kupu-kupu. KUPU-KUPU. sodara, apakah salah seekor kupu-kupu itu sehingga harus ditakuti? apakah bentuknya? apakah karena dia terbang? dia hanyalah serangga yang dikasih sayap. apa salahnya? APAAAAA? (zoom in zoom out musik deng deng deng deeeng) hhhh kupu-kupu yang ditukar.
hani kalo ada kupu-kupu gitu, biasanya diem. terus merem-merem. njuk nunjuk-nunjuk. sambil mukanya mengkeret-keret. njuk perlahan-lahan menjauh.....


ada juga temannya teman saya. tapi teman saya juga sakjane. ya gitu.
takut sama uang recehan. MAMEN! bagaimanapun bentuknya itu uang. tapi receh. tapi uang. ya walaupun receh, tapikan uang. ya tapi receh. tapi tapi....
dia itu kalo kembalian dapet receh gitu, mendingan nggak diambil. ckckck. bagaimanapun kan itu uang. tapi receh. tapi (ahmboh)


begitulah sekiranya efek phobia itu.
kalo akut gitu, bisa nyampe pingsan juga bisa lho.


TS sendiri... ceilah TS!
saya sendiri takut sama badut. ada nama ilmiahnya lho namanya Coulrophobia.
ini berarti sudah diteliti sama peneliti. dan bukan cuma saya saja yang takut badut. ada ribuan orang lain di luar sana yang merasakan apa yang saya rasakan.
DUNIA, apa sih yang nganu dari badut?
badut itu tidak lucu! apanya yang lucu dengan muka putih, hidungnya, ekspresinya yang dibuat-buat. tersenyum, sedih, menyeringai (iki aku mbayangke tenan dadi gilo banget)
badut itu tidak lucu! tenan.
kenapa anak-anak dikasih badut? kasian!
yang paling ngeri adalah ekspresinya yang dibuat-buat itu lho. nggak ikhlas. senyum maksa, lebar banget lagi. sodara-sodara, itu tidak lucu!

kenapa harus ada badut? siapa orang pertama yang mikir kalo orang didandani putih, dikasih hidung gedhe, senyum maksa, sepatu kegedean, perut kayak orang hamil itu lucu? siapaaaa? badut itu tidak lucu!

saya nggak tau pastinya sejak kapan takut sama badut. pokoknya takut. mungkin sejak di kandungan. yo ra kaan
apa lagi biasanya badut itu maksa. maksa-maksa orang buat foto. apa kalo ada badut seles itu maksa ngasihin yang diselesin dia. kenapa dia maksa? kenapa? kalo nggak mau ya udah kan.
ya itu aja sih sakjane. BADUT ITU TIDAK... ahsudahlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo, saksenengmu pokomen ☺